Senin, 03 Oktober 2011

Sejarah Singkat Internet

Pada awalnya amerika membuat jaringan komputer di tahun 1969 yang kini kita kenal sebagai internet. Hal ini dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Mereka mendemonstrasikan bagaimana hardware dan software komputer yang pada waktu itu berbasis UNIX dapat membuat saluran komunikasi hingga jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Dengan kehandalan proyek ARPANET tersebut maka dibuatlah jaringan baru yang bukan hanya khusus untuk kebutuhan militer pada departemen pertahanan dan kini dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Mula-mula ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja, dan hanya untuk beberapa universitas, yaitu  Stanford Research InstituteUniversity of CaliforniaSanta BarbaraUniversity of Utah
Dengan kepentingan yang berbeda itulah pada akhirnya ARPANET dipecah menjadi dua yaitu "MILNET" untuk kebutuhan militer dan ARPANET untuk kebutuhan universitas-universitas.


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar