Selasa, 01 Januari 2013

Multikulturalisme Indonesia


Multikulturalisme merupakan suatu pandangan mengenai keberagaman pada kehidupan manusia. Keberagaman tersebut dapat berupa adat istiadat,budaya, agama, ras, suku bangsa, pandangan politik, dan nilai-nilai atau sistem. Multikulturalisme juga merupakan penerimaan atas keberagaman tersebut.
Masyarakat Indonesia tergolong masyarakat multikulturalisme karena keberagamannya. Masyarakat multikulturalisme menurut Parekh (Azra,2007)  adalah masyarakat yang terdiri dari beberapa komunitas budaya  dengan segala kelebihannya, dengan sedikit perbedaan konsepsi mengenai dunia, suatu sistem arti, nilai, bentuk organisasi sosial, sejarah, adat serta kebiasaan. Kembali pada multikulturalisme yang terjadi di Indonesia yang amat kompleks. Hal ini dikatakan kompleks karena di Indonesia penerimaan dan penghargaan budaya sendiri maupun kebudayaan orang lain amatlah tinggi.Di Indonesia dapat dikatakan masyarakatnya saling menghargai atas budaya satu dengan lainnya, sebagai contoh semenjak reformasi pada taun 1998 mulai terbiasanya masyarakat dengan pajangan- pajangan yang berbau tiong hoa dimana-mana menjelang tahun baru Imlek. Hal ini menandakan penerimaaan serta penghargaan pada budaya tiong hoa tersebut. Selain itu, masyarakat Indonesia terbiasa hidup berdampingan dengan masyarakat yang berbeda suku bangsa dan agama.
Pluralisme di Indonesia sangatlah jelas terjadi. Bahkan dari sejarah dapat kita lihat, saat sumpah pemuda akan disuarakan seluruh pemuda Indonesia dari berbagai background budaya dan agama. Sebenarnya, multikulturalisme di Indonesia terjadi karena faktor sosio -kultural dan faktor geografis. Pada faktor geografis, kita mengetahui bahwa Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang terpisah satu sama lain. Hal ini mengakibatkan terjadinya budaya-budaya karena setiap pulau dihuni oleh sekelompok manusia dan membentuk masyarakat yang memiliki sistem dan nilai masing-masing.
Tentu masih ingat dan tak boleh terlupakan semboyan "Bhineka Tunggal Ika". Semboyan tersebut mempersatukan masyarakat Indonesia yang beragam agar tetap bersatu walau berbeda-beda.
Membicarakan multikulturalisme di Indonesia tidak akan ada habisnya karena sangatlah banyak, sekian bahasan multikulturalisme Indonesia dari saya, semoga bermanfaat :)

Nama : Puti Alam Intan
NPM   : 15510425
Kelas  : 3 PA02 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar