Selasa, 01 Januari 2013

Akulturasi Psikologi

Pengertian akulturasi merupakan penggabungan dua budaya atau lebih tanpa menghilangkan budaya yang sebelumnya. Akulturasi terjadi karena adanya interaksi sosial. Kebudayaan asing secara perlahan diterima oleh budaya lama tanpa menghilangkan kepribadian asli dari budaya lama tersebut.
Faktor sosial budaya berpengaruh cukup besar dalam akulturasi, perubahan sosial budaya mempengaruhi individu di dalamnya. Selain itu faktor keterbukaan pada hal baru, keluwesan kognitif, mau mengambil konsekuensi juga merupakan faktor dapat terjadinya akulturasi. Bila nilai dari suatu budaya terbilang tidak jauh berbeda maka akan lebih mudah terjadi akulturasi dibandingkan dengan yang nilai-nilainya jauh berbeda.
Sedangkan psikologi secara umum adalah ilmu yang mempelajari psikis dan tingkah laku manusia, secara individu maupun individu dalam sebuah lingkungan. Pada dasarnya tingkah laku manusia sangatlah luas dan tidak mudah begitu saja dilihat dibaca atau dinilai, karena manusia memiliki tingkah laku yang terbuka dan tertutup. Yang dimaksudkan dengan terbuka adalah hal-hal yang dengan mudah dapat kita observasi seperti gerak motorik individu, pembicaraan dan lainnya. Sedangkan tertutup dapat berupa pikiran, imajinasi, perasaan dan juga lainnya.
Bila disimpulkan, akulturasi psikologi adalah pembauran antara sesuatu yang asing dan sudah lama tanpa menghilangkan hal-hal yang lama tertanam pada sisi psikologis individu. Sebagai contoh seseorang dengan latar belakang suku Jawa yang berpindah domisili ke daerah Sumatera Utara, dimana orang Batak terlihat lebih blak-blakan dan berapi-api dalam mengutarakan sesuatu, dibandingkan orang Jawa yang mengungkapkan sesuatu "diselipkan" pada perkataan yang lain atau tidak to the point. Ketika individu bersuku Jawa ini tinggal di Sumatera Utara baiknya bila mengutarakan sesuatu harus to the point agar komunikasi dengan warga asli lancar, namun tanpa melupakan jati diri asal yang terkenal dengan kehalusannya. Hal inilah yang dinamakan akulturasi psikologi menurut hemat saya.

Nama : Puti Alam Intan
NPM   : 15510425
Kelas  : 3 PA02

Tidak ada komentar:

Posting Komentar