Kamis, 21 April 2011

Am I Evoluting ? Or Probably Not ?


Evolusi ya salah satu teori yang terkenal dikemukakan oleh Charles Darwin. Sebenarnya yang mengemukakan teori evolusi bukan hanya Darwin, namun ada juga Jean Baptise Lamarck dan masih banyak lagi. Evolusi menurut kajian biologi adalah perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan-perubahan tersebut  disebabkan oleh kombinasi utama yaitu variasi, reproduksi dan seleksi.
Namun ,sekarang saya bukan akan memaparkan teori-teori evolusi yang super berat seperti para ilmuan-ilmuan tersebut. Akan tetapi saya akan memaparkan apakah saya ini berevolusi ? Atau Mungkin tidak ? Evolusi yang saya maksud disini apakah saya mengalami perubahan dari sewaktu saya di dalam rahim ibu hingga sekarang berada di dunia hingga usia saya yang mendekati 19 tahun ini ?
Dimulai saat berada di rahim, tentu kita tidak ingat apa yang kita lakukan dan apa saja yang terjadi di alam rahim. Namun kan sudah ada ilmu pengetahuan. Sebelum menjadi janin, kita disebut embrio yang setelah 8 minggu berubah menjadi janin dan berkembang dan selalu berkembang hingga usia kandungan kurang lebih 9 bulan dan dapat dikatakan kita sudah menjadi bayi saat dilahirkan.
Pada masa kita disebut janin, terjadi perkembangan yang cukup pesat. Yang pertama kali tumbuh adalah bagian kepala, lalu tangan (bagian tengah), dan kaki (bagian bawah). Hal ini disebut perkembangan bayi secara Chepalocaudal yaitu tumbuh dimulai dari kepala lalu hingga ke ujung kaki. Ya, dari itu saja sudah dipastikan kita berevolusi.
Kemudian saat dilahirkan berat saya hanya 4,1 kg dengan panjang 48 cm dan kini perubahan fisik itu terlihat sangat signifikan. Kini di usia saya yang hampir 19 tahun berat badan saya 47 kg dan tinggi sekitar 163 cm. Belum lagi perubahan-perubahan yang dialami saat pubertas seperti bentuk badan remaja putri yang seperti gitar spanyol ( hehe..)Belum lagi muncul rambut di beberapa bagian.
Nah, itu baru dari perubahan fisik. Kini perubahan psikologisnya nih. Waktu kita bayi(0-3 bulan), pasti mengekspresikan apapun hanya dengan menangis ya kalau lagi senang rata-rata bayi hanya tersenyum. Saat sudah dapat berbicara saya mulai sudah bisa berkata apa yang saya mau dan saya tidak mau kepada orang sekitar saya. Kini kemampuan verbal saya sudah banyak berubah dibandingkan dengan saya waktu kecil, belum lagi kelancaran dalam berbicara, cara menghitung yang jauh lebih kompleks, memory yang berkembang.
Ada lagi waktu kita kecil rasa malu itu tidak tumbuh, lalu merasa diri kita itu sama saja dengan orang lain. Namun, pada usia 5 tahunan aku mulai menyadari  eksistensi  diriku bahwa aku in berbeda dengan orang lain. Lalu, pada usia pubertas yaitu 12 tahunan kita mulai menyukai lawan jenis haha.
Wah.. ternyata banyak sekali ya perubahan yang dialami saya sepanjang hidup ini. Masih banyak lagi perubahan yang terjadi dalam diri saya,tetapi sulit untuk menerangkan hal yang mendetail seperti itu.
Dan semoga perubahan ke depannya akan membuat saya menjadi yang lebih baik.
Terima kasih :)

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Evolusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar