Rabu, 13 April 2011

Apa Yang Kamu Lakukan Untuk Melestarikan Bumi?



Kira-kira apa ya yang bisa kita lakukan pada bumi kita untuk melestarikannya ?
Dapat dirasakan bumi kita sudah memberikan segalanya pada kita sebagai salah satu makhluk bumi yang bisa dibilang paling serakah ini. Dari udara yang gratis untuk dihirup, tanah yang subur untuk menanam macam-macam tanaman yang manfaatnya sangat banyak juga tanah “lapak” untuk beraktivitas, dan air yang sangat diperlukan untuk semua makhluk hidup. Nah, banyak sekali bukan yang bumi telah berikan pada kita?

Namun sayang sekali rasa terima kasih kita sebagai makhluk yang bisa dikatakan “numpang “ di bumi ini mulai hilang. Karena terlalu banyaknya kegiatan manusia yang dapat mengganggu ekosistem alam di bumi ini. Dari polusi yang dihasilkan industri, kendaraan bermotor, kemudian maraknya illegal logging, juga banyak hal lainnya yang dapat merusak bumi.
Pasti teman-teman sudah mengetahui istilah green house effect bukan ? Ya tepat sekali green house effect atau dalam bahasa Indonesia disebut efek rumah kaca terjadi saat gas Karbondioksida (CO2), CFC, metana (CH4) dan nitrogen oksida (N2O) menumpuk di atmosfer bumi yang diakibatkan oleh pembakaran bahan bakar minyak dan batu bara yang kini kita gunakan sebagai bahan energi. Gas-gas tersebut menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi. Kemudian panas itu terjebak di lapisan troposfer dan menimbulkan fenomena pemanasan global.
Wah..mungkin untuk melakukan penanggulangan hal-hal besar di atas yang saya sebutkan tadi itu cukup sulit untuk kita lakukan secara personal bukan ? Maka dari itu saya punya beberapa cara untuk menyelamatkan bumi ini dimulai dari kita sendiri nih.
Yang pertama adalah matikan peralatan elektronik yang tidak dipakai. Dalam hal ini bukan hanya dimatikan loh teman-teman, melainkan mencabut kabel listrik dari benda elektronik tersebut. Seperti mencabut kabel charger handphone saat tidak digunakan. Kemudian bagi kamu yang senang mandi dengan air hangat . Bisa dibayangkan berapa banyak karbon dioksida yang dilepaskan untuk memanaskan air  tersebut. Untuk penerangan rumahmu mari kita gunakan lampu yang hemat energy, selain menghemat uang untuk pembayaran tagihan listrik, penggunaan lampu hemat energi  juga dapat mengurangi emisi karbondioksida .  Mungkin ada hal yang akan sangat sulit untuk dilakukan yaitu menghindari plastik! Plastik adalah salah satu material yang akan sulit di recycle dan perlu 1000 tahun untuk diuraikan. Karena hal itu, mari kita mulai menghindari plastic ya walaupun hanya sedikit setidaknya kita membantu penyelamatan bumi bukan ?
Dari transportasi juga kita menyumbang gas emisi sangat banyak loh, hal ini kita dapat kurangi dengan cara termudah yaitu, gunakan transportasi umum. Selain dapat mengurangi emisi gas yang disumbangkan pada atmosfer bumi kita juga dapat mengurangi kemacetan. Ada lagi cara kita untuk  menyelamatkan bumi, yaitu dengan menggunakan kembali barang-barang yang masih dapat dipakai seperti botol shampoo dan membeli refillnya saja.

Mungkin dalam menjalani penyelamatan bumi kita akan mendapat komentar yang negatif, cara menghadapinya kita tidak boleh menyerah, jelaskan pada mereka yang bertanggapan negatif bahwa bumi kita ini mulai mengalami degradasi dan konsekuensinya sudah di depan mata.
Pesan saya mari kita lindungi bumi kita dari hal kecil yang bisa kita lakukan sehari-hari. Gunakan produk yang ramah lingkungan, hilangkan sikap acuh terhadap lingkungan sekitar.  Bayangkan bila dari satu orang dapat berkembang menjadi satu rumah, satu RT , satu kelurahan, satu kota, satu propinsi, satu Negara yang  melakukannya bukankah bumi kita ini dapat terselamatkan lebih cepat ?

Source : Cosmo Girl Oktober 2007



Tidak ada komentar:

Posting Komentar