Senin, 19 Maret 2012

Contoh Fenomena Kesehatan Mental Di Masyarakat

Kesehatan mental dibedakan menjadi dua yaitu mental yang sehat dan yang teganggu. Pada seseorang yang bermental sehat bila dihadapkan pada permasalahan akan berpikir realistik dan objektif  berbeda dengan yang bermental terganggu, seseorang dengan mental terganggu akan cenderung berpikir subjektif dan tidak realistik.
Contoh yang diambil di masyarakat sangat banyak. Sebagai contohnya, belakangan ada pencuri yang tertangkap kamer CCTV sedang mencuri tanpa busana sehelaipun. Dapat dilihat bahwa adanya tekanan pada diri atau stress yang diakibatkan kekurangan secara ekonomi, membuat seseorang dapat kehilangan pikiran jernihnya dengan mempercayai hal-hal yang tidak dapat diterima dengan akal sehat bahwa dengan memiliki ilmu tertentu yang menganjurkan mencuri tanpa busana akan menghilangkan jejak pencurian.
Contoh lainnya adalah anak remaja yang sering sekali ditindas temannya di sekolah akan merasa depressi dan emosinya bisa memuncak kapan saja dan melakukan hal yang tidak diduga untuk membalaskan dendamnya. Atau bahkan menarik diri dari semua kehidupan sosialnya karena trauma yang didapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar