Sabtu, 23 Maret 2013

Terapi Psikoanalisa

Apakah Terapi Itu ?

Terapi memiliki arti penanganan. yang ditangani dalam hal ini adalah masalah-masalah yang terdapat pada jiwa, perilaku, pikiran, dan juga perasaan.

Apakah Psikoanalisa ?

Psikoanalisa merupakan aliran psikologi yang dicetuskan oleh Sigmund Freud. Psikoanalisa ini berisi mengenai tiga tingkatan kesadaran pada kehidupan jiwa. tiga tingkatan tersebut adalah sadar (en:conscious), prasadar (en:preconscious), dan tak-sadar (unconscious).
Aliran psikoanalisis Freud merujuk pada suatu jenis perlakuan dimana orang yang dianalisis mengungkapkan pemikiran secara verbal, termasuk asosiasi bebas, khayalan, dan mimpi, yang menjadi sumber bagi seorang penganalisis merumuskan konflik tidak sadar yang menyebabkan gejala yang dirasakan dan permasalahan karakter pada pasien, kemudian menginterpretasikannya bagi pasien untuk menghasilkan pemahaman diri untuk pemecahan masalahnya.

Apakah Terapi Psikoanalisa Tersebut ?

Intervensi khusus dari seorang terapist yang biasanya mengkonfrontasikan dan mengklarifikasi mekanisme pertahanan, harapan, dan perasaan bersalah pada klien . Melalui analisis konflik, termasuk yang berkontribusi terhadap daya tahan psikis dan yang melibatkan tranferens kedalam reaksi yang menyimpang, perlakuan psikoanalisis dapat mengklarifikasi bagaimana klien secara tidak sadar menjadi musuh yang paling jahat bagi dirinya sendiri. Bagaimana reaksi tidak sadar yang bersifat simbolis dan telah distimulasi oleh pengalaman kemudian menyebabkan timbulnya gejala yang tidak dikehendaki. Terapi dihentikan atau dianggap selesai saat pasien mengerti akan kenyataan yang sesungguhnya, alasan mengapa mereka melakukan perilaku abnormal, dan menyadari bahwa perilaku tersebut tidak seharusnya mereka lakukan, lalu mereka sadar untuk menghentikan perilaku itu


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Psikoanalisis

Puti Alam Intan (15510425)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar